استخدام الطريقة المباشرة فى تعليم المفردات بواسطة الصور لطلاب صفّ السابع فى المدرسة الإسلامية المتوسطة معهد العلم و العمل تولونج اكونج

Authors

  • Ibnu Zuhdi Mutasil Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Kojin Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

Metode Langsung, Mufrodat, Media Gambar

Abstract

Salah satu kegiatan terpenting dalam sebuah proses pembelajaran adalah cara penyampaian materi yang akan disampaikan. Sebuah materi tidak akan bernilai jika cara penyampaiannya tidak tepat. Metode langsung dan media gambar merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam penyampaian materi. Gambar terlihat lebih menarik visual dan lebih mengena dalam melatih fokus para pembelajar. Pembelajaran bahasa Arab menggunakan gambar dapat menjadi salah satu media yang membantu para pembelajar dalam memahami materi yang sedang dipelajari dengan menyenangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan ketekunan atau keajekan pengamatan, triangulasi, dan memperpanjang waktu kehadiran.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran bahasa arab yang dibuat oleh guru meliputi isi dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup serta Kompetensi Dasar dan Indikator yang berpedoman pada Silabus. (2) Prosedur penerapan metode langsung dalam pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media gambar dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) Pembukaan meliputi: Menyampaikan salam ke murid-murid, Membaca do’a, Membaca absen, Memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya, Menjelaskan pelajaran baru. b) Kegiatan Inti Meliputi: Mendengarkan kata-kata dari guru, Melafalkan Kata-kata, Mengamati gambar, Siswa menyampaikan pertanyaan, Siswa melafalkan bersama-sama, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan. c) Penutup meliputi: Guru meminta siswa mengulangi materi bersama-sama, Guru meminta siswa mengucapkan tentang materi yang disampaikan dan membiasakannya. (3) Respon siswa terhadap penerapan metode langsung dalam pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media gambar menarik respon dan antusias siswa serta keaktifan siswa dalam menyampaikan argumen sehingga suasana proses pembelajaran menjadi hidup dan efektif.

References

Amrullah, Ahmad Fikri. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Pustaka Diniyah, 2018).

Arifin, Zainal Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, (Bandung: Rosda Karya, 2011)

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)

Ary, Donald. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Penerjemah Arief Furchan, (Surabaya: Usaha Nasioanal, 1982).

Asnawir, dan Basyiruddin.Media Pembelajaran (jskstys: Delia Citra Utama, 2002).

Creswell, John W. Research Design Pendekatan Kualitatif, dan Mixed, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).

Daryanto. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta Tahun 2014

Malibary, Akrom dkk. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama Islam IAIN, (Jakarta,1976).

Miftah, M . Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa , dalam jurnal KWANGSAN, vol. 1, no. 2, tahun 2013

Munip, Abdul.‘Problematika Penerjemahan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia’ dalam Al-‘arobiyyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. No 2 Januari 2005.

Munip, Abdul.‘Problematika Penerjemahan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia’ dalam Al-‘arobiyyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. No 2 Januari 2005.

Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013)

Oemar. Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara Tahun 2009

Rohani, Ahmad. Media Intruksional Edukatif, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2009).

Sumardi, Mulyanto .Bahasa Asing Tinjauan dari Segi Metodologi, (Jakarta: Kramat Kwitang, 1974).

Sutikno, Pupuh Faturrohman dan Sobry. Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: PT Refika Aditama, 2007)

Talizaro, Tafonao. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, dalam jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 2, tahun 2018.

Talizaro, Tafonao. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, vol. II.

Uno, Hamzah. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Tahun 2016

Unsi, Baiq Tuhfatul. Media Gambar dalam Pembelajaran Kosa kata Bahasa Arab, dalam Jurnal Tafaqquh, vol. 2, tahun 2014

Unsi, Baiq Tuhfatul. Media Gambar dalam Pembelajaran Kosa kata Bahasa Arab, dalam Jurnal Tafaqquh, vol. 2, tahun 2014, hlm. 27

Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2002).

Wahab, Muhbib Abdul. Teknik dan Model PenyajiN Materi Bahasa Arab, (Jakarta: Depag RI, 2004)

Zaenuddin, Radliah dkk. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajran Bahasa Arab, (Cirebon: Pustaka Rihlah Group, 2005).

Zain, Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan. Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

نورياني. استراتيجية محاضري قسم تعليم اللغة العربية بجامعة تولونج أجونج الإسلامية الحكومية في ترقية مهارة الطلاب في الكلام بالعربية للعام الدراسي 2018-2019م، (تولونج أجونج: 2019) .

Downloads

Published

2023-01-18