Principal's Leadership Strategy in Realizing the Vision and Mission at SMAS Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung
Keywords:
Strategy, Leadership, Vision, Mission, PrincipalAbstract
This study aims to find out the leadership strategy of the principal at SMAS Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung in realizing the vision and mission which consist the formulation, implementation, and evaluation. This study used a qualitative approach with a descriptive method. The data collection was done through in-depth interviews, participatory observation, and document analysis involving various participants such as the principal, teachers, and administrative staff. The data analysis technique in this study was done in three stages that were data condensation, data presentation, and verification of findings. The results of the study showed that (1) The formulation of the principal's leadership in realizing the vision and mission wass by using a soft power approach from the principal, determining policies by prioritizing psychological aspects. (2) The implementation was by providing compensation to employees, implementing inclusive policies, empowering staff with an Islamic approach, and providing facilities that correlate with the institution's capacity. (3) The evaluation of this policy showed that employees become more disciplined in working, increasing productivity, and loyalty to the institution.References
Alhabsyi, F., Pettalongi, SS, & Wandi, W. 2022. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan visi dan misi. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1 1.
Efendi, N., Sholeh, MI, Andayani, D., Singh, IG, & Ayudhya, SN 2023. Hubungan Antar Kepala SekolahPerilaku Kepemimpinan dan Supervisi Pembelajaran terhadap Visi dan misi sekolah di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur. Migration Letter, 20 9.
Gunawan, I. 2015. Strategi Mewujudkan visi dan misi: Program Apa yang Ditawarkan Oleh Kepala Sekolah? Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 23 1.
Fitri, Agus Zaenul & Nik Haryanti. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method dan Research and Development. Malang: Madani Media.
Helaudin, & Wijaya, H. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Teologi Jaffray.
Husnah, A., & Harapan, E. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas. Jurnal Manajemen Pendidikan Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3 1.
Iba, Z., Saifuddin, S., Marwan, M., & Konadi, W. 2021. Pengaruh motivasi, budaya organisasi, lingkungan, dan kepuasan kerja terhadap visi dan misi sekolah SMA Kota Juang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9 1.
Ikbal, PAM 2018. Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema : Pendidikan IslamManajemen, 3 1.
Jalil, A. 2020. Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Visi dan misi sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah Vol. 1, Issue 2,
Joen, S., Purnamawati, & Amiruddin. 2022. Visi dan misi sekolah, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Cetakan: Pertama November.
Kurniaty, H. 2020. Pengaruh Stres Lingkungan Kerja, Stres Kerja Organisasi Dan Stres Kerja Pribadi Terhadap Visi dan misi sekolah Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Selatan. In Restorica : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi Vol. 6, Issue 2.
Manik, E., & Bustomi, K. 2011. Pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap visi dan misi sekolah pada smp negeri 3 rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Kewirausahaan, 5 2.
Manora, H. 2019. Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pembangunan, 1 1.
Murtafiah, NH 2022. Manajemen Pengendalian Kinerja Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling, volume 4 nomor 6.
Nurafni, K., Saguni, F., & Hasnah, S. 2022. Pengaruh Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala SekolahTerhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1 1.
Octavia, LS, & Savira, SI 2017. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Mewujudkan visi dan misi dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1 1,
Parhan, M., Hilmiyah, A., Bastiar, RDN, & Wiyana, R. 2022. Sekularisme sebagai Tantangan Pendidikan Islam Kontemporer. Ta'dibuna : Jurnal Pendidikan Islam, 11
Patanggu, IH 2021. Pengaruh Kemampuan Pengambilan Keputusan Kepala Madrasah Terhadap Visi dan misi sekolah Madrasah Aliyah Di Kota Palu. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1 2
Permatasari, MD 2022. Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Visi dan misi sekolah. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 20 4.
Purwanti, S. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. EJournal Administrasi Negara, 1 1.
Riyani, Y. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal EKSOS, 8 1.
Sari, HF, Ekawarna, E., & Sulistiyo, U. 2022. Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Visi dan misi sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 4, Issue 1.
Saudagar, F., & Pradana, HC 2020. Pengaruh Reward dan Komitmen Guru Terhadap Kepuasan Kerja Pada SMK Negeri Kota Jambi. Jurnal Administrasi dan Kepemimpinan Pendidikan Indonesia, 02 01.
Tamam, B. 2017. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di SMAN II Kabupaten Bangkalan. KABILAH : Jurnal Sosial Masyarakat, 2 1
Thoyib, A. 2005. Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kinerja: Pendekatan Konsep. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 1 2.
Usman, J. 2018. Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Mendukung Kinerja Layanan Pendidikan di STAIN Pamekasan. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia, 12.