BETWEEN THE RED BRIDGE AND PAPUA'S ECONOMIC REVIVAL

Authors

  • Hendra Yulia Rahman IAIN Fattahul Muluk Jayapura

Keywords:

Red Bridge, Papua, economic development, infrastructure, connectivity

Abstract

Papua, with its unique culture and abundant natural resources, faces great challenges in economic development and improving the welfare of its people. This article discusses the symbolism of the Red Bridge as an icon connecting development in Papua, and its role in supporting the region's economic revival. The study includes an analysis of infrastructure development efforts, local resource management, and the development of community-based economic potential. Using a descriptive qualitative approach, this study utilized in-depth interviews, field observations, and documentation studies to obtain relevant data. Analysis was conducted using an interactive approach, involving data collection, data reduction, data presentation, and simultaneous conclusion drawing. The results show that the Red Bridge is not only a physical infrastructure, but also a symbol of hope, connectivity, and integration of Papua in the dynamics of national development. This article emphasizes the importance of collaboration between the government, local communities, and the private sector in creating inclusive economic sustainability in Papua, while making the Red Bridge icon an inspiration for the revival of other regions in Indonesia.

References

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jayapura di akses pada tanggal 15 Maret 2024 pukul 15:15 WIT.

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jayapura di akses pada tanggal 15 Maret 2024 pukul 15:15 WIT.

Colid Narbuko dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian (Jakarta: bumi Aksara, 1997), 83.

Data primer adalah data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti dari sumber pertama. Lihat: Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998), 84.

DEGEI, A. (2012). Selamatkan Manusia dan Hutan Papua: Sebuah Kajian Implementasi Penerapan Metode Kualitatif Partisipatory di Wilayah Adat Sarera III. Absolute Media.

Entatarina Simanjuntak, S. T., Luhur Selo Baskoro, S. E., ST Aulia, M., Argiono, I., Kom, S., & ST Wahyuningsih, M. (2015). Pemantauan Pelaksanaan Investasi Infrastruktur Bidang Pekerjaan Umum: Kasus Studi: Lima Provinsi di Indonesia. Pusat Kajian Strategis Kementerian Pekerjaan Umum.

George Ritzer, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016), 62.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial (Jakarta: Bumi Aksara, 1996), 59.

Imam Gunawan, Metode penelitian kualitatif (Jakarta: Bumi Aksara, 2013).

Imam Suprayoga dan Tobroni, Metodologi, 170.

Imam Suprayoga dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001), 161-162.

Jacob, D. E., & Sandjaya, S. (2018). Faktor faktor yang mempengaruhi kualitas hidup masyarakat Karubaga district sub district Tolikara propinsi Papua. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 1(1).

Januar, A. (2019). Peluang Dan Tantangan Orang Asli Papua Menghadapi Perkembangan Industri Di Kabupaten Teluk Bintuni. Patanjala?: Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 11(3), 399.

Juniati, H. (2017). Analisis pengaruh transportasi multimoda terhadap disparitas harga di propinsi papua baratanalisis pengaruh transportasi multimoda terhadap disparitas harga di propinsi Papua Barat. Jurnal Transportasi Multimoda, 15(1), 39-52.

Kambu, Z. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Transportasi Jalan Trans-Papua (Studi Kasus: Segmen Jalan Trans Papua di Kabupaten Nduga)= Community Participation in the Development of Trans Papua Road Transportation Infrastructure, Case Study: Trans Papua Road Segment in Nduga Regency (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Kambu, Z., Jinca, M. Y., Pallu, M. S., & Ramli, M. I. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Keberlanjutan Pembangunan Infrastruktur Jalan Trans Papua, Indonesia: Studi Kasus Kabupaten Nduga: Community Perceptions On Sustainable Development Of Road Infrastructure Trans Papua, Indonesia: Case Study Of Nduga Regency. KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 97-110.

Krisnawati, E., & Tri Susanti, A. (2023). Komunikasi Persuasif Tokoh Masyarakat Adat Dalam Rencana Pembangunan Bendungan Dan Hasil Nyata Kehadiran Negara (Doctoral dissertation).

Kusuma, M. E., & Muta'ali, L. (2019). Hubungan pembangunan infrastruktur dan perkembangan ekonomi wilayah Indonesia. Jurnal Bumi Indonesia, 8(3).

Kusuma, N. R., & Ida Hamidah, N. F. (2022). Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Ekonomi Hijau Dalam Perspektif Syariah Untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia. Konferensi Nasional Studi Islam (KONASI), 1, 142-153.

Micheline, A. J., Kusuma, S. R., Gianto, A. K., Dakara, D., & Rachman, E. R. S. (2023). Implementasi Pancasila Terhadap Daerah 3T Bagian Papua. PATRIOT: Jurnal Kajian Pancasila & Kewarganegaraan, 1(01).

Muqorrobin, M. (2017). Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).

Murwaniputri, H., & Wamafma, I. K. (2024). Kajian Aktivitas Pariwisata Pada Masa Pandemik Covid-19 Di Kawasan Wisata Teluk Youtefa Kota Jayapura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 49-53.

Prasetyo, B. (2019). Angkutan Udara Perintis Sebagai Jembatan Udara Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 12(1), 1-10.

Purwadi, M. A., Hafizrianda, Y., & Riani, I. A. P. (2018). Target Pertumbuhan Investasi Dan Rencana Strategi Pengembangan Investasi Provinsi Papua. Jurnal kajian ekonomi dan keuangan daerah, 3(2).

Rahardja, I. B., Rantawi, A. B., Saputra, H., Sulistiyo, E., Sari, A. M., & Ramadhan, A. I. (2023, November). Inovasi dan Kemajuan Teknologi Bidang Kelapa Sawit Sebagai Kearifan Natural Materials Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Robert L. Bogdan dan Sari Knoop Biklen, Qualitatif Research for Education, an Introduction to Theory and Methodes (Boston: Allin and Bacon, 1982), 2.

S. Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif (Bandung: Transito, 1996), 32. Lihat juga Cathrine Hakim, Research Design (London: Routledge, 1997), 15.

Setiawan, H., Choirunnisa, C., & Ningrum, R. P. (2022). Tantangan Dua Dekade Otonomi Khusus Aceh dan Papua: Distorsi atau Peluang?. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 4(2), 125-135.

Sianipar, Z. N. (2022). Kampung Wisata di Pantai Holtekamp, Papua. eDimensi Arsitektur Petra, 10(1), 249-256.

Sitorus, A. V. Y., & Arsani, A. M. (2018). A comparative study of inter-provincial inclusive economic growth in Indonesia 2010-2015 with approach methods of ADB, WEF, and UNDP. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 2(1), 64-77.

Tjipto Subadi, Metode Penelitian Kualitatif ( 2006).

Wambrauw, K. W. (2021). Analisis Peran Wwf Dalam Upaya Pelestarian Hutan Untuk Mencapai SDG’S Sejak Tahun 2018-2020 di Kampung Sawesuma, Kabupaten Jayapura (Doctoral dissertation).

Weya, I., & Lubis, I. (2022, April). Pengaruh Pembangunan Manusia Dan Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Papua. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 1, pp. 516-527).

Weya, I., & Lubis, I. (2022, April). Pengaruh Pembangunan Manusia Dan Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Papua. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 1, pp. 516-527).

Yanuarti, S. (2016). Kemiskinan dan konflik Papua di tengah sumber daya yang melimpah. Jurnal Penelitian Politik, 9(1), 14.

https://binamarga.pu.go.id/balai-jayapura/berita/youtefa-bridge-meningkatkan-pertumbuhan-ekonomi-jayapura di akses pada tanggal 15 Maret 2024 pukul 15:15 WIT.

Indonesia.go.id - Jembatan Youtefa, Bukti Sumpah Membangun Papua di akses tanggal 14 Maret 2024 pukul 14:22 WIT.

Diresmikan Presiden, Jembatan Youtefa Menjadi Simbol Komitmen Untuk Memajukan Papua di akses tanggal 14 Maret 2024 pukul 14:30 WIT.

Pembangunan Infrastruktur di Papua: Merajut Konektivitas, Membuka Aksesibilitas | Sekretariat Negara (setneg.go.id) di akses tanggal 14 Maret 2024 pukul 14:30 WIT

Downloads

Published

2025-02-25